Senin, 09 April 2012

Mengganti Tampilan Start Menu menjadi Classic dan menampilkan Toolbar Buttons Explorer di Windows 7


Mungkin sebagian orang tidak suka dengan interface Start Menu Windows 7. Dan juga Window Explorer dengan dihilangkannya tombol toolbar klasik misalnya Cut, Copy, Paste, Delete, dll. Di Windows 7, Explorer tidak menyediakan tombol toolbar dasar dan pengguna harus menggunakan cara pintas dengan kombinasi tombol keyboard atau menu pada klik kanan, dan juga di Windows 7 dengan dihilangkannya Start Menu dengan tampilan Classic.

Untuk kembali menggunakan Start Menu Classic  pada Windows 7 dibutuhkan sebuah utility Classic Sheel . Classic Shell adalah utilitas kecil gratis yang menyediakan:
  • Classic Start menu pada Windows 7
  • toolbar klasik Explorer (Cut, Copy, Paste, dll) pada Windows Vista dan 7
  • IE9 klasik (teks Titlebar dan progressbar di statusbar)
Download Classic Shell, kemudian Install. Setelah di Install, maka secara otomatis tampilan Start Menu menjadi Classic. Jika belum berubah, buka Orb Start Menu --> All Programs --> Classic Shell --> Start Menu Setting. Pilih radio button "Classic Start Menu". Klik OK.


Berikut screenshot Classic Shel:
Menu Classic di Windows 7
Catatan: Untuk mengakses Start Menu Default dari Windows 7, tekan "Shift" kemudian Klik Orb Start Menu.

Classic Explorer toolbar buttons in Windows 7:

Classic Explorer Navigation pane in Windows 7:

Shell Classic dapat di customisasi, sehingga Anda dapat memilih tombol yang akan di tampilkan di toolbar Explorer dengan mengklik tombol "Classic Explorer Setting " yang ada pada akhir dari toolbar di Explorer.
Jika tidak muncul toolbar Classic di Explorer setelah menginstal program ini, tekan "ALT" kemudian akan muncul Menubar, klik kanan di tempat kosong pada menu bar dan pilih "Classic Explorer Bar".

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright 2009 Mencoba berbagi. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan
Ping Blog