Rabu, 04 April 2012

Hybrid Memory Cube akan menggantikan DRAM


 Salah satu komponen yang sangat penting dalam sistem komputer kita adalah RAM (Random Access Memory). Dan dari tipe RAM, yang paling sering digunakan adalah DRAM (Dynamic Random Access Memory). Tugas dari RAM ini adalah untuk tempat penyimpanan data sementara. RAM bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk diolah menjadi informasi.

Tapi sayangnya, usia DRAM sudah cukup tua, karena telah ada sejak 1970, dan saat ini, teknologi menuntut untuk adanya komputer dengan performansi tinggi (contohnya adalah server cluster) dan DDR3 DRAM sudah tidak terlalu memadai, maka dari itu, dikembangkan jenis memori baru, oleh Samsung dan Micron, bernama Hybrid Memory Cube.

Hydric Memory Cube (atau HMC) diklaim memiliki kecepatan transfer 15x lipat dari DDR3 dan hemat energi hingga 70%, dengan ini, maka HMC berpotensial untuk kelas perusahaan besar (enterprise) dan teknologi cloud computing, dan tidak terlupakan, adalah desktop computer. Memori komputer perlu bekerja secara optimal, dan HMC berpotensi untuk itu.

Karena kemampuannya hemat energi dan bisa mengurangi memory footprint secara signifikan, maka HMC ideal untuk smartphone, tablet, Ultrabook dan lainnya.
Samsung dan Micron telah membuka konsorsium mengenai HMC ini dan menarik para pemain di bidang pengembangan memori untuk terlibat, dan jika lancar, spesifikasi HMC bisa diselesaikan dalam waktu setahun.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright 2009 Mencoba berbagi. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan
Ping Blog