Sabtu, 07 April 2012

Melihat Spesifikasi Komputer di Ubuntu menggunakan i-Nex

 
Ketika mencoba untuk melihat spesifikasi perangkat keras untuk komputer Anda, dan tidak ingin membuka casing perangkat keras yang dapat menyebabkan kehilangan klaim garansi Anda (misalnya, dalam kasus laptop). Dalam hal seperti itu, seseorang dapat menggunakan beberapa tool-tool praktis untuk melihat spesifikasi perangkat keras yang terpasang. i-Nex adalah salah satu alat yang menyediakan informasi hardware rinci dalam Graphical User Interface (GUI) untuk Ubuntu.
i-Nex ditulis dalam Gambas, "Sebuah A Graphical Development Environment berdasarkan Interpreter dasar, dengan ekstensi objek". Program ini layaknya seperti CPU-Z. i-Nex akan menampilkan informasi mengenai komponen sistem tertentu dalam bentuk Tab. Seperti terlihat dari gambar di bawah, Anda bisa mendapatkan informasi secara detail tentang CPU, Motherboard / BIOS, Sound dan kartu grafis, serta komponen lainnya seperti Kernel, Memory, Jaringan, dengan mengklik tab masing-masing. Untuk memindahkan tab ke tab lain, gunakan kiri / kanan tombol panah.i-Nex mampu menampilkan informasi yang tepat tentang sistem,termasuk nama produsen, nomor model, informasi prosesor cache,sektor hard drive, informasi RAM (total, digunakan, gratis, bersama,buffer, cache dan swap), nama host dari sistem, sistem operasi versi, zona waktu (yang digunakan), dan banyak lagi.

Anda juga dapat memeriksa alat Ubuntu serupa untuk daftar informasi perangkat keras, termasuk HardInfo dan dmidecode. Anda dapat meng-instal i-Nex untuk versi Ubuntu Anda, dari paket yang tersedia di Launchpad. Paket-paket tersedia untuk semua versi Ubuntu terbaru, termasuk Oneiric Ocelot dan Precise Pangolin.

Untuk menginstall i-Nex, Buka Terminal (Press Ctrl+Alt+T) copy kode berikut dan paste di Terminal: 
  • sudo add-apt-repository ppa:eloaders/i-nex-daily 
  • sudo add-apt-repository ppa:nemh/gambas3
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install i-nex

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright 2009 Mencoba berbagi. Powered by Blogger Blogger Templates create by Deluxe Templates. WP by Masterplan
Ping Blog